Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional

Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional

 

Setiap tanggal 12 September, diperingati sebagai Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional. Hari peringatan ini pertama kali digagas oleh Menteri Kesehatan RI pada tahun 2011, yaitu Dr. dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, M.P.H. Tujuan dari diciptakannya hari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sehingga mencegah terjadinya masalah gigi dan mulut di masa mendatang.

Data kasus gilut di indonesia

Berdasarkan Survey Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, sebanyak 56,9% penduduk berumur ≥ 3 tahun memiliki masalah pada gigi dan mulutnya. Sedangkan, hanya 11,2% yang memutuskan untuk berobat ke dokter gigi. Dibandingkan Riskesdas tahun 2018, tidak ada perubahan dalam waktu 5 tahun terakhir. Tentunya hal ini sangat disayangkan karena tidak adanya perkembangan ke arah lebih baik dalam kasus kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia.

Jumlah dokter gigi di indonesia

Berdasarkan Riset Fasilitas Kesehatan (2019), diketahui 66,6% Puskesmas di wilayah terpencil yang tidak tersedia dokter gigi. Sedangkan di Puskesmas wilayah pedesaan, sebanyak 65,8% sudah tersedia dokter gigi dan di wilayah perkotaan ada sebanyak 88,7% Puskesmas sudah tersedia dokter gigi

Upaya pemerintah terhadap masalah gilut

1. Program Kesehatan Gigi dan Mulut di Sekolah

Salah satu contoh program kesehatan gigi dan mulut di sekolah adalah melalui program UKGS (Unit Kesehatan Gigi Sekolah), yakni upaya kesehatan masyarakat yang ditujukan untuk memelihara, meningkatkan kesehatan gigi dan mulut seluruh peserta didik di sekolah binaan yang ditunjang dengan upaya kesehatan perorangan berupa upaya promotif dan preventif bagi peserta didik.

2. Penyuluhan dan Edukasi

Pemerintah secara rutin mengadakan kampanye edukasi tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut, Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut terutama tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar diperlukan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kesadaran, dan sikap.

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut di rumah

• Rajin menyikat gigi

Menyikat gigi dapat dilakukan minimal 2 kali sehari pada pagi hari setelah makan dan malam hari sebelum tidur

• Perbanyak konsumsi buah dan sayur

• Hindari penggunaan rokok serta tembakau

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.