Media Learning Club 2022

Dalam rangka memfasilitasi minat dan bakat mahasiswa FKG UGM untuk mengembangkan keterampilan pada bidang desain grafis, Departemen Media Informasi BEM KM FKG UGM kembali sukses menyelenggarakan kegiatan Media Learning Club (MLC) tahun 2022. Acara yang mengangkat tema “Master The Digital Business by Leveling Up Your Designs” ini sukses dilaksanakan dengan menghadirkan Halidya Siti Hanifah sebagai narasumber. Narasumber utama yang dipilih merupakan salah satu mahasiswa UNS yang telah memiliki banyak pengalaman dan mengetahui secara dalam tentang desain grafis, tentunya dalam menggunakan Adobe Illustrator yang akan diulik dalam Media Learning Club tahun ini. Melalui pelatihan selama tiga hari dalam acara ini, diharapkan dapat menunjang keterampilan mahasiswa dalam desain grafis yang nantinya akan bermanfaat dalam dunia perkuliahan maupun umum.

Media Learning Club 2022 dilaksanakan secara daring menggunakan platform Zoom Meeting dan dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama dan sesi kedua adalah pelatihan desain yang dilaksanakan pada Sabtu, 16 Juli 2022 dan Minggu, 17 Juli 2022. Dari sesi pertama dan kedua, peserta diberi penugasan untuk membuat poster dengan tema “Social Media Marketing” yang akan dinilai oleh narasumber. Penugasan dikerjakan pada ukuran 1:1 dan dikumpulkan dalam bentuk png/pdf/jpg/jpeg. Penugasan dievaluasi dan dinilai oleh narasumber pada sesi ketiga Media Learning Club, Minggu, 24 Juli 2022.

Pada sesi pertama, MLC 2022 diawali dengan penyampaian materi oleh narasumber kepada 57 peserta yang meliputi prinsip dasar seni rupa, pengenalan dan teknik dasar Adobe Illustrator, beberapa tips and trick dalam menggunakan Adobe Illustrator yang disertai dengan praktik bersama sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta dalam pelaksanaan Media Learning Club pada sesi pertama.

Acara pada sesi kedua dilanjutkan dengan pengaplikasian teknik Adobe Illustrator dalam social media marketing, teknik dasar pembuatan feeds pada Instagram, dan juga tips and trick untuk menyusun feeds Instagram dalam konteks marketing. Pada bahasan tersebut, narasumber memaparkan pembuatan poster dari tahap awal hingga poster siap dipublikasikan. Terdapat kuis mengenai materi sesi pertama dan kedua kepada peserta dimana kepada peserta yang dapat menjawab dengan benar mendapatkan doorprize berupa sejumlah saldo OVO sehingga peserta semakin antusias sepanjang acara berlangsung. Sesi kedua diakhiri dengan pemberian penugasan dan sesi tanya jawab mengenai materi dan penugasan.

Kemudian pada sesi ketiga dilakukan evaluasi karya terhadap penugasan yang telah dikerjakan oleh peserta menggunakan aplikasi Adobe Illustrator dengan berbekal pengetahuan pada Media Learning Club sesi pertama dan sesi kedua. Penugasan karya ini bertujuan agar peserta lebih bisa mengeksplor dan terjun langsung mempraktikkan penggunaan aplikasi Adobe Illustrator dalam pembuatan desain untuk marketing di media sosial. Evaluasi dilakukan oleh narasumber kepada masing-masing karya dibahas urut dari berbagai segi, seperti tata letak objek, teknik pewarnaan, penggunaan font, dan lain sebagainya sehingga materi-materi yang telah diberikan menjadi lebih aplikatif. Di penghujung acara sesi ketiga yang sekaligus mengakhiri MLC 2022 terdapat pengumuman 3 karya terbaik dimana peserta yang terpilih akan mendapat penghargaan dari panitia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.