Upgrading Intellectual Organizer and Bonding (UNICORN)

Upgrading Intellectual Organizer and Bonding (UNICORN) merupakan kegiatan upgrading yang diselenggarakan oleh departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) BEM KM FKG UGM. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2020 secara daring. Acara ini bertujuan untuk menambah kompetensi dan kemampuan staf BEM KM FKG UGM.

UNICORN sendiri terdiri dari dua rangkaian acara, yaitu sesi upgrading seluruh staf BEM KM FKG UGM dan sesi upgrading internal departemen atau biro. Kedua acara ini berlangsung secara daring melalui berbagai macam media. Kegiatan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB melalui media grup Line kabinet. Acara dibuka secara simbolis oleh ketua pelaksana kegiatan, kepala departemen PSDM, dan ketua BEM KM FKG UGM Kabinet Selaras Asa.

Sesi pertama berisi penyampaian materi upgrading mengenai pembuatan Term Of Reference (TOR) untuk seluruh staf BEM KM FKG UGM. Materi ini disampaikan oleh Yegti Prasetyaning Budi (PDG 2017) melalui siaran tunda Youtube. Setelah tautan diberikan di grup Line kabinet, peserta diberi waktu untuk melihat video tersebut dan apabila ada pertanyaan bisa langsung disampaikan di grup maupun secara personal melalui staf PSDM. Pada sesi ini peserta sangat antusias dan terkumpul beberapa pertanyaan yang selanjutnya akan disampaikan ke pembicara. Sesi ini pun diakhiri pada pukul 10.00 WIB.

Acara kemudian dilanjutkan dengan upgrading internal departemen atau biro. Sesi ini bersifat bebas perihal waktu pelaksaannya, tetapi dibatasi hingga tanggal 10 Mei 2020 saja. Tema materi upgrading yang disampaikan oleh masing-masing pembicara pun disesuaikan dengan kebutuhan dan hasil diskusi dari setiap departemen atau biro. Media yang digunakan juga beragam, seperti Zoom, Cisco Webex Meeting, dan Google Hangouts Meet.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan tidak hanya dapat menjadi sarana menambah kemampuan staf tiap departemen atau biro, tetapi juga  dapat meningkatkan rasa kekeluargaan di internal departemen atau biro itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.