Media Learning Club 2020

Media Learning Club (MLC) merupakan suatu wadah untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa FKG UGM dalam bidang videografi, fotografi, dan desain grafis. Pada tahun ini, MLC mengadakan pelatihan desain berupa pembuatan poster menggunakan Adobe Illustrator yang dilatih oleh Ibnu Hafiz Fadhilah, mahasiswa Teknik Nuklir (2018) Universitas Gadjah Mada sekaligus Staff Illustrator UGM Today. Kegiatan ini dilaksanakan via Google Meet pukul 09.00 – 12.00 WIB dan terbagi dalam tiga pertemuan di hari yang berbeda.

Pertemuan pertama dilaksanakan pada Sabtu, 15 Agustus 2020. Kegiatan dibuka dengan sambutan Ketua Pelaksana MLC 2020, Andini Safa R. (PDG 2019), lalu sambutan oleh Ketua Departemen Media Informasi, Annisa Fadiya R. (PDG 2018), dilanjutkan sambutan oleh Ketua BEM KM FKG UGM Kabinet Selaras Asa, Daffa Wuri H. (PDG 2018). Setelah itu, narasumber mulai memaparkan materi inti yang membahas tentang pengenalan Adobe Illustrator secara detail meliputi toolsworkspace, dan sebagainya. Di akhir sesi, terdapat penugasan yang diberikan kepada peserta sebagai sarana berlatih.

Pertemuan kedua diselenggarakan pada Rabu, 19 Agustus 2020. Pada sesi ini, materi yang dibahas seputar teknik dasar, tips, dan trick dalam pembuatan poster pada Adobe Illustrator. Sebelum membuat poster, paling tidak terdapat empat tahap yang harus dilakukan, antara lain menentukan konsep, mencari ide, menemukan resource, kemudian melakukan eksekusi. Warna dan tipografi yang terdiri atas kontras, hirarki, white spacealignment, serta konsistensi pun perlu diperhatikan selama pembuatan poster.

Pada Kamis, 27 Agustus 2020 dilaksanakan pertemuan ketiga Media Learning Club 2020. Agenda pada sesi ini adalah penjelasan materi tambahan dan evaluasi karya hasil penugasan dari para peserta. Narasumber mengulas dan memberikan komentar serta saran untuk setiap poster karya peserta. Setelah review selesai, acara dilanjutkan dengan pengumuman tiga karya poster terbaik. Juara 1 dimenangkan oleh Maharani Khumairoh dan Amalia Nur Faadiya, Juara 2 diraih oleh Firda Ayu, sedangkan Juara 3 diberikan kepada Miura Ayudini dan Ayu Nabilah. Selanjutnya, diadakan sesi penyerahan sertifikat dan hadiah kepada pemenang sekaligus penyerahan plakat dan sertifikat kepada pembicara.

Secara keseluruhan, kegiatan Media Learning Club tahun ini berjalan dengan lancar dan penuh dengan antusiasme peserta yang aktif bertanya. Di akhir setiap pertemuan selalu digelar sesi foto bersama sebagai dokumentasi kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.