PPSMB I-DENTISTRY 2020

Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada atau yang sering disebut PPSMB I-DENTISTRY merupakan rangkaian kegiatan pengenalan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru angkatan 2020 yang dilaksanakan di tingkat fakultas dan jurusan. Tahun ini, PPSMB I-Dentistry mengambil tema “Wigani Aryaguna”. Wigani berarti selalu dalam pengingatan dan Aryaguna berarti mulia. Tema ini mewakili empat nilai yaitu kreatif, adaptif, berintegritas, dan aktif. Dengan keempat nilai yang diusung dalam PPSMB I-Dentistry 2020, diharapkan Gamada FKG UGM dapat menanamkan nilai tersebut dalam diri serta mengejawantah dalam mulianya tingkah laku dan keseharian mahasiswa.

PPSMB I-DENTISTRY berlangsung selama dua hari secara synchronous dan asynchronous. Pembukaan yang berlangsung pada hari pertama yaitu Jum’at, 11 September 2020 berlangsung meriah dan ditanggapi dengan penuh semangat oleh para mahasiswa baru. Tak lupa jajaran dekanat pun turut meramaikan dan memperkenalkan diri, dimulai dari sambutan oleh Dekan FKG UGM, Dr. drg. H. Ahmad Syaify, Sp. Perio (K) lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi Fakultas Kedokteran Gigi. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Program Studi Kedokteran Gigi dan Higiene Gigi yang diisi oleh Kepala Prodi masing-masing dan dilanjutkan diskusi dengan moderator dosen. Selain pemaparan materi, kegiatan tak lupa diselingi dengan perkenalan panitia, perkenalan kelompok gamada, quiz, dan sesi kepemanduan asynchronous. Lalu dilanjutkan materi Administrasi Akademik yang dipaparkan oleh Nuke Hendrati Wening W, S.IP, serta materi Sukses Menjadi Mahasiswa UGM yang dipaparkan oleh Dr. drg. Alma Linggar Jonarta, M.Kes. Kegiatan hari pertama ditutup dengan penayangan video Faculty Visit FKG UGM dan RSGM UGM Prof. Soedomo.

Rangkaian kegiatan PPSMB I-DENTISTRY hari kedua pun tidak kalah menarik. Pada Sabtu, 12 September 2020 kegiatan dibuka oleh MC dan dilanjutkan kegiatan debat kritis yang berlangsung sangat meriah. Gamada menyampaikan pendapatnya secara aktif dan turut berkontribusi membahas masalah bersama. Selanjutnya pemaparan materi Peran Alumni Kedokteran Gigi dan Higiene Gigi untuk Indonesia yang mendatangkan alumni Prodi Kedokteran Gigi sangat berpengaruh yaitu drg. Nusati Ikawahju, M.Kes, sedangkan dari Prodi Higiene Gigi yaitu Damairia Hayu Parmasari S.Kp.G., M.P.H. Kegiatan dilanjutkan dengan materi Ko-Kurikuler yang diisi oleh mahasiswa berprestasi FKG UGM serta materi Organisasi Mahasiswa yang diisi oleh Ketua BEM KM FKG UGM dan Ketua DPM KM FKG UGM. seperti hari sebelumnya, pada hari kedua pun rangkaian kegiatan diramaikan dengan diskusi setiap materi, quiz, games, kepemanduan, serta perkenalan kelompok. Selain diskusi mengenai materi yang telah disampaikan, gamada pun melakukan diskusi Etika Pembelajaran Jarak Jauh yang kedepannya akan diterapkan sehari-sehari. Kegiatan hari kedua diakhiri dengan penampilan kreativitas gamada serta pengumuman gamada dan kelompok terbaik. Rangkaian kegiatan PPSMB I-DENTISTRY resmi ditutup dengan foto bersama antara gamada dan panitia.

Secara keseluruhan acara PPSMB I-DENTISTRY 2020 berlangsung secara meriah dan menampilkan suasana yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Walaupun terhalang jarak, diharapkan tidak menghalangi gamada untuk terus berkontribusi bersama, ya!

Selamat bergabung di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada, angkatan Dentin 2020!

Leave a Reply

Your email address will not be published.