Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM) 2020

Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM) merupakan salah satu program kerja dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa BEM KM FKG UGM. LKMM bertujuan untuk menanamkan materi-materi dasar keorganisasian. Melalui kegiatan LKMM ini diharapkan para pengurus BEM KM FKG UGM bisa mendapatkan bekal yang dapat membantu pengurus BEM KM FKG UGM untuk menjalankan fungsi dan perannya dalam berorganisasi dan bermasyarakat.

Kegiatan LKMM dilaksanakan selama dua hari, yaitu Sabtu, 28 November 2020 dan Minggu, 29 November 2020. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan platform Zoom. Pada hari pertama yaitu Sabtu, 28 November 2020 diberikan materi “Teknik Dasar Sidang” yang disampaikan oleh Swandiva Putri Wendradi, S.KG dari Fakultas Kedokteran Gigi UGM. Kegiatan ini diikuti oleh staff tingkat I dan staff tingkat II BEM KM FKG UGM. Setelah penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pada sesi terakhir dilakukan simulasi sidang dengan skenario musyawarah besar.

Pada hari kedua, yaitu Minggu, 29 November 2020 dilaksanakan LKMM hari kedua yang diikuti oleh staff tingkat I BEM KM FKG UGM dan terdapat tiga materi yang disampaikan. Materi pertama adalah “Sejarah Pergerakan dan Lahirnya BEM KM FKG UGM”. Materi ini disampaikan oleh Rizal Hanif Dharmawan dari Fakultas Kedokteran Gigi UGM. Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri dengan post test.

Materi kedua yang disampaikan pada hari kedua kegiatan LKMM adalah “Analisis Sosial”. Materi ini dibawakan oleh Gilang Rizky Pratama dari Fakultas Teknik UGM. Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri dengan post test dan pemberian tugas analisis sosial kepada peserta. Kemudian, materi terakhir yang disampaikan adalah “Stabilitas Ritme Kerja”. Materi ini diberikan oleh Yeremia Dwi Hendryanto dari Fakultas Hukum UGM. Setelah penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri dengan post test.

Secara keseluruhan kegiatan LKMM 2020 ini berjalan lancar dan penuh semarak antusiasme dari para peserta. Kegiatan LKMM 2020 ini ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada para pembicara serta dilaksanakan pula sesi foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.