Matrikulasi Kabinet Gama Prasama

Matrikulasi merupakan salah satu program kerja Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) BEM KM FKG UGM. Matrikulasi merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk menyetarakan materi staf tingkat I yang baru diterima di Open Recruitment 2 dengan staf tingkat I yang diterima di Open recruitment I. Staf tingkat I yang diterima di Open Recruitment I mendapatkan materi dasar-dasar organisasi pada acara Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) yang dilaksanakan pada bulan November 2020. Matrikulasi berisi materi yang sama dengan materi LKMM yaitu dasar-dasar organisasi yang meliputi sejarah BEM, stabilitas ritme kerja, dan analisis sosial. Pembawaan materi dengan metode stadium generale oleh pembicara yang dilanjutkan dengan tanya jawab.

Pada tahun ini, Matrikulasi dilaksanakan pada  tanggal 21 Maret 2021 via daring, yakni melalui Zoom. Materi pertama adalah sejarah BEM yang disampaikan oleh Rizal Hanif Darmawan (Fakultas Kedokteran Gigi 2017), ketua BEM KM FKG UGM 2019 kabinet Sahabat Kebaikan. Materi kedua adalah stabilitas ritme kerja yang dibawakan oleh Kintansari Adhyna Putri (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 2017), Menteri Koordinator Kesekjenan BEM KM UGM 2021. Materi ketiga adalah analisis sosial yang dibawakan oleh Elang Pujangga Ruhpinesthi (Fakultas Teknik 2017), selaku Deputi Koordinator Internal Kesekjenan BEM KM UGM 2021. Acara berlangsung lancar dan semua peserta antusias dalam mendengarkan materi dan bertanya.

Pada akhir setiap materi, peserta diberikan posttest untuk mengetahui pemahaman peserta terhadap materi yang telah diberikan. Selain itu, diadakan games melalui quizizz agar acara menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Peserta juga diberikan penugasan berupa analisis isu sosial yang ada di FKG UGM selama masa pandemi yang selanjutnya dipresentasikan dihadapan Badan Pengurus Harian (BPH) dan staf Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) BEM KM FKG UGM pada tanggal 27 Maret 2021 via daring, yakni melalui platform Google Meet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.