Ruang Jumpa #1

Ruang Jumpa merupakan salah satu program kerja unggulan dari BEM KM FKG UGM Kabinet Gama Prasama, kolaborasi antara Biro KSK-RT dengan PH. Ruang Jumpa menggabungkan dua program kerja yang dilaksanakan pada periode sebelumnya, yaitu Daily Forga dan Mentoring Staf BEM. Tujuan dari diadakannya Ruang Jumpa adalah untuk mempererat kekeluargaan dari anggota BEM KM FKG UGM serta sarana kaderisasi untuk mempersiapkan staf BEM Angkatan 2020 untuk kabinet berikutnya.

Ruang Jumpa akan dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan dengan 3 pertemuan berisi games, sharing dan mentoring serta 1 pertemuan puncak berisi sharing dan evaluasi. Rencananya ruang jumpa akan dilaksanakan pada bulan April, Juni, Agustus dan November 2021.

Pada hari Sabtu, 17 April 2021, telah dilaksanakan Ruang Jumpa pertemuan pertama pada pukul 15.30 – 17.30 melalui platform Zoom Meeting dan Google Meet. Acara dimulai dengan sambutan dari ketua panitia dan ketua BEM KM FKG UGM periode 2021, kemudian dilanjutkan dengan sesi games. Games yang dilaksanakan berupa kuis tebak lagu dan dimenangkan oleh Departemen Media dan Informasi (Medin) dengan 68 poin, disusul oleh Departemen Pengembangan Minat dan Bakat dengan 34 poin, Dept. Ekraf dengan 17 poin, dan Dept Adkas dengan 17 poin. Poin yang didapat dari games yang dilaksanakan pada Ruang Jumpa pertama ini akan diakumulasikan hingga Ruang Jumpa Puncak pada bulan November 2021. Setelah games selesai dilaksanakan, dilakukan foto bersama satu kabinet terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke sesi selanjutnya.

            Acara dilanjutkan dengan Focused Group Discussion (FGD) untuk sharing dan mentoring. FGD dilaksanakan dalam 10 kelompok yang telah dibagi oleh panitia. Setiap kelompok terdiri atas staf dari setiap departemen dan gabungan antara angkatan 2019 dan 2020. Tiap kelompok dipandu oleh dua orang mentor yang berasal dari BPH, PSDM dan KSK. Kontribusi mahasiswa dalam berorganisasi dan bermasyarakat pada masa Pandemi Covid-19 menjadi tema sharing dan mentoring yang diangkat pada sesi FGD Ruang Jumpa 1. Seluruh staf BEM KM FKG UGM yang berada di dalam room memberikan pendapat dan jawabannya mengenai beberapa pertanyaan pemancing yang telah disusun oleh para mentor. Setelah semua point materi selesai dibahas, acara ditutup dengan foto bersama pada masing-masing kelompok dan pengisian post-test berupa review materi agar tiap anggota lebih memahami materi yang telah diberikan.

            Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah mempersiapkan Ruang Jumpa dan seluruh staf BEM KM FKG UGM yang telah mengikuti rangkaian acara Ruang Jumpa pertemuan 1 dengan sangat baik. Dengan adanya Ruang Jumpa ini diharapkan hubungan kekeluargaan staf BEM KM FKG UGM makin erat dan staf angkatan 2020 lebih siap dalam menjalani kepengurusan periode berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.