World Oral Health Day 2021

World Oral Health Day (WOHD) merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan untuk memperingati hari kesehatan gigi dan mulut sedunia, acara ini dilaksanakan oleh Bidang Pergerakkan Mahasiswa dan Hubungan Sosial Masyarakat BEM KM FKG UGM. World Oral Health Day (WOHD) didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran global tentang masalah seputar kesehatan gigi dan mulut. Hal ini bertujuan agar pemerintah, asosiasi kesehatan, dan masyarakat umum dapat bekerja sama untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut sehingga tercipta kehidupan yang lebih baik.

Pada peringatan World Oral Health Day 2021, FKG UGM mengangkat tema “Healthy Oral in New Normal”. Pemilihan tema ini dilatarbelakangi oleh Pandemi Covid-19 yang telah memberikan pengaruh besar bagi kehidupan manusia. Akan tetapi, pandemi bukanlah penghalang bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kesehatan gigi dan mulut sangat penting karena dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, mari kita tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut di era new normal ini.

Tahun ini, peringatan World Oral Health Day 2021 diisi dengan kegiatan Webinar bersertifikat (SKP untuk dokter gigi). Webinar ini memiliki tema khusus yaitu “Oral and Overall Health Connections: Did Your Oral Health Matters?”. Webinar diisi dengan dua pemateri yang ahli di bidangnya, beliau adalah drg. Lisdrianto Hanindriyo, MPH, Ph.D dan drg. Mirza Mangku Anom, Sp.KG.

Webinar dilaksanakan pada hari Minggu, 2 Mei 2021 pukul 13.00 WIB. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”, kemudian dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Sekar Khansa selaku Ketua Panitia, Adam Eka Darmawan selaku Ketua BEM KM FKG UGM, serta drg. Hendri Susanto, M. Kes, Ph.D, Sp. PM selaku Ketua Unit Kemahasiswaan, Bimbingan, dan Konseling FKG UGM. Kemudian, jalannya acara dipandu oleh moderator untuk memulai sesi penjabaran materi oleh pembicara.

Sesi pertama diisi oleh penjabaran materi mengenai “Oral and Overall Health Connections” oleh drg. Lisdrianto Hanindriyo, MPH, Ph.D. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Setelah itu, dilanjutkan dengan penjabaran materi “Dental Caries: A Simplified Treatment Model for Daily Clinical Practice” oleh drg. Mirza Mangku Anom, Sp.KG. Kemudian, dilaksanakan sesi tanya jawab. Acara diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada para pembicara, foto bersama, dan penutupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.