Dentistry Collaborative Updates (DCU) 2021

Dentistry Collaborative Updates (DCU) 2021 merupakan program kerja yang diselenggarakan oleh Departemen Advokasi dan Kajian Strategis BEM KM FKG UGM. Dentistry Collaborative Updates (DCU) tahun ini dikemas dalam bentuk webinar menggunakan platform Zoom Meeting dan berlangsung selama 4 hari, yaitu Sabtu-Minggu, 18-19 dan 25-25 September 2021 pukul 13.00-15.30 WIB. Webinar ini diikuti oleh mahasiswa kedokteran gigi nasional, dokter gigi dan dokter gigi spesialis nasional, dan perawat gigi nasional. Untuk dokter gigi/dokter gigi spesialis/perawat gigi yang bisa mendapatkan nilai posttest di atas nilai minimum, akan mendapatkan sertifikat ber-SKP. Webinar ini mengangkat tema besar “Occupational Health and Safety in Dental Technology Practice during COVID-19 Pandemic”.

Webinar ini mengundang 8 pembicara di mana terdapat 2 pembicara di masing-masing harinya. Untuk hari pertama terdapat pembicara drg. Suryono, Ph.D., S.H., M.M. yang membawakan subtema Occupational Health and Safety (OHS) and Its Policy in Dental Practice during COVID-19 Pandemic dan drg. Pingky Krisna Arindra, Sp.BMM(K) yang membawakan subtema Occupational Health and Safety (OHS) Procedure Related to Prevention of Healthcare-Associated Infections (HAIs) in Dental Practice during COVID-19 Pandemic. Webinar hari pertama dimoderatori oleh drg. Fitrina Rachmadanty Siregar, M.PH. Hari kedua terdapat pembicara Ir. Adi Utomo Hatmoko, M. Arch yang membawakan subtema Challenges to Manage Healthcare Design to Support Occupational Health and Safety (OHS) during COVID-19 Pandemic in Dental Practice dan Dewi Sarastuti, S.KM yang membawakan subtema Management Hazard Waste in Dental Practice during COVID-19 Pandemic. Webinar hari kedua dimoderatori oleh drg. Adella Syvia Maharani, MDSc. Hari ketiga terdapat pembicara Dr. drg. Dwi Aryani, MARS yang membawakan subtema How to Maintain Patient Safety in Dental Clinical Practice during COVID-19 Pandemic dan drg. Heribertus Dedy Kusuma Yulianto, M. Biotech., Ph.D. yang membawakan subtema The Use of Modern Dental Technology to Reduce Cross-Contamination in Dental Treatment during COVID-19 Pandemic. Webinar hari ketiga dimoderatori oleh drg. Fimma Naritasari, MDSc. Hari keempat terdapat pembicara Dr. drg. Julita Hendrartini, M.Kes., AAK, CHIA, CIP yang membawakan subtema Challenges to Manage Healthcare Cost for Occupational Health and Safety (OHS) during COVID-19 Pandemic in Dental Practice dan drg. Rio Suryantoro, Sp.KG yang membawakan subtema The Use of Latest Technology in Dental Clinical Practice in Order to Ensure Patient Safety during COVID-19 Pandemic. Webinar hari keempat dimoderatori oleh drg. Dyah Anindya Widyasrini, MDSc.

Webinar ini berhasil menarik perhatian lebih dari 135 orang per harinya. Webinar ini dibuka dengan sambutan oleh Ketua Panitia DCU 2021 dan Sambutan dari Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKG UGM. Setelah itu terdapat penyampaian materi yang disampaikan oleh para pembicara yang dibimbing oleh moderator serta dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab diikuti secara antusias oleh peserta karena terdapat pula hadiah bagi 2 penanya terbaik dan doorprize dari pihak sponsor Oxyfresh. Kegiatan selanjutnya adalah penyerahan sertifikat kepada pembicara dan moderator, lalu pengisian link evaluasi oleh seluruh peserta dan pengerjaan posttest bagi peserta dokter gigi/dokter gigi spesialis, dan perawat gigi. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama. 

Kegiatan ini bekerja sama dengan pihak sponsor Sunstar, Oxyfresh, Sensodyne, dan Rumah Sakit Bethesda. Secara keseluruhan, acara ini berjalan lancar dan mendapat respon luar biasa baik dari panitia, civitas akademika FKG UGM, maupun peserta. Diharapkan dengan terlaksananya Dentistry Collaborative Updates (DCU) 2021 ini kita semua bisa mengetahui mengenai Kesehatan dan Keselamatan kerja, terutama dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19 dan mengetahui seputar praktik kedokteran gigi yang memanfaatkan teknologi modern dalam mendukung prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja selama pandemi COVID-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published.