Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa 2022

LKMM (Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa) merupakan salah satu program kerja Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) BEM KM FKG UGM yang ditujukan kepada staf baru BEM KM FKG UGM Kabinet Ruang Harapan. Kegiatan ini merupakan bentuk kaderisasi kedua dari BEM KM FKG UGM yang bertujuan untuk memberikan bekal kepada staf baru mengenai dasar-dasar organisasi, yakni meliputi sejarah BEM, stabilitas ritme kerja, dan analisis sosial. Ketiga materi tersebut dibawakan dengan metode stadium generale oleh pembicara dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Pada tahun ini, LKMM dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2022 via daring, yakni melalui Zoom. Materi pertama adalah stabilitas ritme kerja yang disampaikan oleh Muhammad Farhan (Fakultas Ekonomika dan Bisnis 2017), selaku ketua BEM KM UGM tahun 2021. Materi kedua adalah Sejarah BEM KM FKG UGM yang dibawakan oleh Abdurrahman Nazhif (Fakultas Kedokteran Gigi 2016), selaku ketua BEM KM FKG UGM tahun 2018. Materi ketiga adalah analisis sosial yang dibawakan oleh Elang Pujangga Ruhpinesthi (Fakultas Teknik 2017), selaku Deputi Koordinator Internal Kesekjenan BEM KM UGM 2021. Acara berlangsung lancar dan semua peserta antusias dalam mendengarkan materi serta interaktif saat sesi tanya jawab berlangsung.

Pada akhir setiap materi, peserta diberikan posttest untuk mengetahui pemahaman peserta terhadap materi yang telah diberikan. Selain itu, diadakan juga games di sela-sela acara agar acara menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Peserta juga diberikan penugasan berupa analisis isu sosial yang ada di FKG UGM, terutama pada masa bauran seperti sekarang, yang selanjutnya dipresentasikan di hadapan Badan Pengurus Harian (BPH) dan staf Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) BEM KM FKG UGM Kabinet Ruang Harapan pada tanggal 13 Maret 2022 via daring melalui platform Zoom. Dengan diadakannya LKMM ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman staf baru BEM KM FKG UGM Kabinet Ruang Harapan mengenai dasar-dasar organisasi sehingga dapat menjadi bekal untuk berdinamika di BEM KM FKG UGM.

Leave a Reply

Your email address will not be published.