Serba Serbi Dentifex 2023

Dentistry Festival and Expo atau Dentifex merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Mahasiswa BEM KM FKG UGM. Acara ini bertujuan mengenalkan berbagai organisasi dan komunitas yang ada di FKG UGM kepada mahasiswa tahun ajaran baru yaitu angkatan 2023 sehingga dapat membangun minat berorganisasi. Dentifex 2023 diselenggarakan di Auditorium Margono Soeradji FKG UGM pada 2 September 2023.

Setelah dua tahun dilaksanakan secara daring, Dentifex pada tahun ini kembali terlaksana  secara luring. Para peserta pun terlihat sangat antusias menghadiri Dentifex kali ini. Kehadiran peserta pertama diterima pada meja registrasi di lantai satu Gedung Margono Soeradji, dimana peserta diberikan formulir games dan petunjuk mengenai cara mengikuti games yang disediakan. Memasuki auditorium, peserta disambut dengan banyak stand departemen organisasi dan BSO yang terhias meriah.

Tema “Minecraft” turut menambah imersi peserta. Pada pukul 09.00, acara dibuka oleh MC dan diikuti dengan menyanyikan Indonesia Raya serta Hymne Gadjah Mada. Sambutan diberikan oleh Adinda Safira sebagai ketua pelaksana acara, Muhammad Alfatih Suaidi sebagai ketua BEM KM FKG UGM, dan drg. M Fadyl Yunizar, MPH., Ph.D. sebagai kepala unit Kemahasiswaan dan Bimbingan Konseling. Selama acara berlangsung, peserta dapat mengunjungi setiap stand dan memainkan games yang sudah disiapkan oleh masing-masing organisasi dan BSO. Setelah menang games, peserta akan mendapat stiker yang kemudian ditempelkan pada formulir yang telah dibagikan pada saat kedatangan. Setelah semua stiker terkumpul pada form, peserta memasukkan nomor undian untuk kesempatan mendapat doorprize berupa alat-alat kedokteran gigi.

Permainan ini menambah insentif bagi peserta untuk berkunjung pada setiap stand. Peserta juga dapat bertanya langsung pada penjaga stand mengenai masing-masing organisasi dan BSO untuk menjawab rasa penasaran peserta mengenai bagaimana rasanya bergabung dalam organisasi tersebut. Tidak sedikit pula stand yang menyiapkan brosur dan souvenir untuk peserta. Selagi peserta mengunjungi seluruh stand yang ada, berjalan pula penampilan-penampilan menarik di panggung, mulai dari penampilan UKM Tari, pemaparan DPM, penampilan UKM Dentasvara, penampilan band Six or Nothing, dan pemaparan UKM olahraga yang diselingi oleh testimoni dari anggota organisasi dan BSO di FKG UGM. Peserta juga dapat mengabadikan momen di photobooth bertemakan “Minecraft” yang disediakan di depan auditorium. Acara diakhiri dengan pengundian doorprize dan penutupan.

Dentifex 2023 dihadiri oleh mahasiswa FKG UGM angkatan 2023 dan anggota organisasi serta BSO yang ikut meramaikan suasana dan dengan antusias mengajak mahasiswa baru untuk bergabung. Dentifex 2023 berlangsung dengan lancar dan sangat meriah. Acara ini diharapkan dapat membantu teman-teman FKG UGM Angkatan 2023 untuk lebih mengenal lingkungan FKG UGM, memotivasi, dan memfasilitasi mereka untuk memilih tempat dalam menyalurkan potensi, minat, dan bakatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.